• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

KPU KABUPATEN LOMBOK TIMUR MELAKSANAKAN BIMTEK PERSIAPAN PENDAFTARAN PARTAI POLITIK

Berita | 04 Oktober 2017 | Tim Humas


Selong,kpu-lomboktimurkab.go.id – Di Saat-Saat kesibukannya melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur menggelar bimbingan teknis (bimtek) persiapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu Tahun 2019, Sabtu (04/10/17) di Rumah Makan ILHAM Selong, ditujukan kepada 25 orang staf/pegawai internal KPU Kabuypaten Lombok Timur. 
Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur Muh. Saleh S.IP,MH. Dalam pengantarnya, Menyatakan tujuan diadakannya Bimtek Persiapan pendaftaran partai pemilu  ini adalah dalam rangka untuk melaksanakan  teknis tata cara pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum yang akan berkompetisi pada Pemilihan Umum 2019. Bimtek intenal yang digelar dari pagi hingga sore, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pegawai KPU sebagai penyelenggara pemilu yang akan menerima pendaftaran partai politik sebagai peserta Pemilu tahun 2019.  Pemahaman itu antara lain mengenai tata cara pendaftaran partai politik, identifikasi potensi umum yang terjadi saat penelitian administrasi, serta persiapan pelaksanaan pada hari pendaftaran nanti.

Sebagaimana diketahui bahwa, proses pendaftaran partai politik peserta Pemilu tahun 2019 akan dimulai serentak pada tanggal 3-16 Oktober 2017. Dalam tahapan pendaftaran ini, partai politik tingkat Kabupaten Lombok Timur  diwajibkan menyerahkan fotokopi KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai politik. Selanjutnya akan dilakukan penelitian administrasi, kemudian verifikasi administrasi dan faktual oleh KPU Kabupaten Lombok Timur. Selain Bimtek yang di sampaikan oleh ketua KPU Kabupaten Lombok TIMUR Muh.Saleh. Materi  Bimtek juga di sampaikan , oleh Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan  Taharudin,SH. Dalam penjelasannya, ia banyak menyampaikan kebijakan KPU tentang Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dan pembentukan help desk yang bertugas melayani pendaftaran dan proses verfikasinya.
Kesempatan lain kepala subbagian Hukum Holis Iskandar,SH. menambahkan bahwa aplikasi sipol ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Sipol yang diluncurkan untuk Pemilu 2014 lalu. Ada beberapa penambahan fitur yang memudahkan kita dalam verifikasi parpol. Dalam penggunaannya aplikasi Sipol bermanfaat memberikan informasi mengenai hasil input keanggotaan, kepengurusan dan alamat kantor partai politik. Selain itu, bisa mendokumentasikan data dan dokumen pendaftaran partai politik, serta ada banyak manfaat lainnya.

( Tim Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com