• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

KPU Lombok Timur Melaksanakan Sosialisasi Pemilih Pemula Pemilih Cerdas dan Berintegritas

Berita | 08 Agustus 2017 | Humas


Selong, kpu-lomboktimurkab.go.id- KPU Kabupaten Lombok Timur  menggelar sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula (SMA/Sederajat se-Lombok Timur.) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018. Acara ini diikuti oleh sekitar 50 perserta perwakilan SMA-SMA yang ada di Lombok Timur. Kegiatan berlangsung pada hari Selasa tanggal 08 Agustus 2017 di Gedung Ruang Rapat Utama KPU Kabupaten Lombok Timur, Jl. MT HARYONO NO 07 SELONG  LOMBOK TIMUR, Daerah Khusus Lombok Timur Kecamatan Selong dan Labuhan Haji Terdapat 3 pemateri dalam acara ini, yaitu :

MUH.SALEH,S.IP,MH.( KETUA KPU KABUPATEN LOMBOK TIMUR) M SATAR  ( KESBANG POLDAGRI LOMBOK TIMUR )  M. MAKMUN (DIKMEN PK LOMBOK TIMUR.

Dalam acara yang diikuti siswa-siswa Kelas XI dan XII tersebut, Komisioner KPU Kabupaten Lombok Timur  Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat DRS H.MUSA ALHADY Mengatakan Kegiatan ini merupakan salah satu program Divisi Sosialisasi & SDM dalam menanamkan pendidikan pemilih bagi generasi muda yang sangat potensial dalam menentukan masa depan bangsa.

Maksud dan tujuan pelaksanaan ini adalah meningkatkan pemahaman bagi masyarakat pemilih pemula di Kabupaten Lombok Timur  yang pada akhirnya dapat mendukung upaya penyelenggara meningkatkan kualitas pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik dan kesukarelaan masyarakat dalam agenda pemilu yang terdekat yaitu Pilkada Bupati/Wakil Bupati serta Gubernur dan wakil Gubernur tahun 2018. Narasumber MUH SALEH.menyampaikan materi tentang pemilu, dasar hukumnya, asa pemilu, asas penyelenggara, jenis-jenis pemilihan umum, pemilih, kampanye, terutama yang berkaitan dengan Pilkada  tahun 2018. Dalam kegiatan tersebut narasumber juga menyampaikan  bahwa kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan informasi secara dini kepada pemilih pemula dan himbauan kepada peserta agar cerdas menggunakan hak pilihnya, mencermati visi misi paslon dan tidak mentolerir bentuk-bentuk politik uang.

”Sosialisasi pendidikan pemilih pemula ini sangat penting karena Mengingat kebanyakan para pemilih pemula ini masih di jenjang sekolah, yakni usia 17 tahun, maka perlu ditanamkan pemahaman dan pengetahuan mengenai pentingnya pemilu sedini mungkin,” “Oleh sebab itu diharapkan dengan mengikuti acara sosialisasi semacam ini akan meningkatkan partisipasi kawula muda dalam menyelenggarakan pemilu di masa mendatang,” tambahnya.

Metode yang dipakai masih seperti konsep awal yakni Devisi HUKUM Memaparkan poin poin tentang sosialisasi pemilih pemula, disambung dengan diskusi dan atau tanya jawab. Durasi kegiatan kurang lebih 90 menit hingga 120 menit. Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur, Muh Saleh, yang mendapat pertanyaan khusus terkait KKN memberikan penjelasan bahwa prakek KKN dilarang dilakukan di tubuh penyelenggara maupun peserta Pemilu( humas)

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com