• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

PEMBENTUKAN BADAN PENYELENGGARA AD HOC YANG BERINTEGRITAS

Artikel | 30 September 2017 | Humas


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu daerah yang  akan melakasnakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada pilkada serentak tahap tiga, 2018. Persiapan memasukan tahapan pilkada, KPU Lombok Timur sebagai salah satu penyelenggara pilkada di tingkat Kabupaten, telah melakukan sejumlah kegiatan dan salah satunya adalah merancang pembentukan badan penyelenggara ad hoc.

Badan ad hoc yang dimaksud adalah Panitia Pemilihan Kecamatan yang selanjutnya disingkat PPK adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan Pemilihan di tingkat Kecamatan atau nama lain; Panitia Pemungutan Suara yang selanjutnya disingkat PPS adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan Pemilihan di tingkat Desa atau sebutan lain/Kelurahan; Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang selanjutnya disingkat KPPS adalah kelompok yang dibentuk oleh PPS untuk menyelenggarakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara, (UU 8 Tahun 2015). Proses pembentukan badan ad hoc tersebut dilakukan secara berjenjang dengan hubungan kerja hieraki ini melalui mekanisme perekrutan dan seleksi secara terbuka sebagaimana aturan yang berlaku.

Rekrutmen adalah suatu proses mencari, mengadakan, menemukan dan menarik para pelamar untuk bekerja pada suatu lembaga atau organisasi, (Sutrisno, 2014). Proses rekrutmen ini adalah langkah awal untuk pengisian formasi jobs lembaga atau instansi melalui proses seleksi terbuka. seleksi bertujuan mencari orang yang tepat untuk mengisi sebuah jabatan, tidak saja memiliki kompetensi yang bagus namun juga berintegritas dalam melaksanakan pekerjaan.

Proses rekrutmen dan seleksi badan ad hoc yakni PPK dan PPS sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang tahapan dan jadwal pilkada serentak,  akan mulai dilakasankana sejak 12 Oktober hingga 11 Nopember 2017 mendatang. Sedangkan proses seleksi tersebut akan melalui tiga tahapan penting, di antaranya:

1. Pengumuman Pendaftaran

Pengumuman pendaftaran dilakukan selama liam hari, yakni sejak Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 untuk badan adhoc Panitia Pemiliham Kecamatan atau PP. Sementara pengumuman pendaftaran untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa/Kelurahan akan dilaksanakan sejak Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017. Pengumuman pendataran ini dilakukan melalui media elektronik, cetak dan online, laman website KPU Lombok Timur serta menempelkan di papan pengumuman sekretarit KPU dan Kecamatan. Tahapan ini dimulai lebih awal untuk memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat.

2. Penerimaan Pendaftaran

Penerimaan pendaftaran calon anggota PPK dimulai sejak Tanggal 12 hingga 14 Oktober. Lamaran disampikan langsung atau melalui pos ke sekretariat KPU Lombok Timur. Sedangkan penerimaan berkas lamaran calon anggota PPS akan dilaksanakan sejak tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017. Berkas lamaran calon anggota PPS dapat dikirim melalui PPK, kantor pos dan atau diantar langsung ke sekretariat KPU Lombok Timur.

3. Penelitian Administrasi

Penelitian administrasi berkas calon anggota PPK dimulai sejak Tanggal 12 hingga 14 Oktober, sedangkan penelitian berkas lamaran calon anggota PPS akan dilaksanakan sejak tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 oleh panitia seleksi di sekeretariat KPU Lombok Timur.

4. Pengumumamn Hasil Penelitian Administrasi

Pwngumuman hasil penelitian administrasi berkas calon anggota PPK dimulai sejak Tanggal 15 hingga 16 Oktober, sedangkan calon anggota PPS akan dilaksanakan sejak tanggal 1 Hingga 2 Nopember 2017 oleh panitia seleksi di setiap kantor Camat dan sekeretariat KPU Lombok Timur. selain melalui pengumuman secrara terbuka, peserta yang dinyatakan lulus seleksi admisnitrasi ini juga akan diberitahukan melalui sms oleh panitia. sms tersebut akan berisi pemberitahuan kelulusan dan jadwal serta lokasi seleksi berikutnya, yankni tes tertulis.

5. Tes Tertulis dan pemeriksaan

Tes tertulis calon anggota PPK akan dilaksnakan Tanggal 17 Oktober, sementara pemriksaan tes akan dilaksanakan pada 18. Sedangkan tes tertulis calon anggota PPS akan dilaksanakan tanggal 1  Nopember dan pemeriksaan dilakukan pada tanggal 2 sampai 3  Nopember 2017. Materi seleksi tertulis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) PKPU Nomor 3 tahun 2015, meliputi: (a). pengetahuan tentang Pemilihan yang mencakup tugas, wewenang dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan Pasangan Calon perseorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara; (b). pengetahuan kewilayahan.

6. Pengumumamn Tes Tertulis

Pengumuman hasil tes tertulis calon anggota PPK akan dilaksnakan sejak 18 hingga 19 Oktober. Sedangkan pengumuman tes tertulis calon anggota PPS akan dilaksanakan tanggal 5  Nopember. Panitia seleksi akan mengumkan di setiap kantor Camat, sekeretariat serta laman KPU Lombok Timur untuk mendapat tanggapan dan masukan masyarakat bagi peserta seleksi. Selain melalui pengumuman secrara terbuka, peserta yang dinyatakan lulus seleksi tes tertulis ini juga akan diberitahukan melalui sms oleh panitia. SMS tersebut akan berisi pemberitahuan kelulusan dan jadwal serta lokasi seleksi berikutnya, yankni tes wawancara.

7. Tes Wanancara

Pelaksanaan tes wawancara untuk calon anggota PPK akan dilakasakan selama tiga hari yakni sejak Tanggal 23 hingga 25 Oktober. tes wawancara ini akan mengasilakan 10 besar peserta seleksi untuk dipilih dalam rapat pleno Anggota KPU Lombok Timur dan akan menghasilkan lima anggota PPK terpilih. sementara lima sisanya akan masuk dala daftar PAW, bila terdapat anggota PPK yg berhalangan tetap dalam melaksanakan tugas.

Materi seleksi wawancara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) PKPU Nomor 3 tahun 2015 meliputi: (a). rekam jejak calon anggota PPK; (b). pengetahuan tentang Pemilihan, yang mencakup tugas, wewenang, dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan Pasangan Calon perseorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara, dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara; (c). klarifikasi tanggapan masyarakat.

Sementara pelaksanaan tes wawancara untuk calon anggota PPS akan dilakasakan selama lima hari yakni sejak Tanggal 5 hingga 9 Nopember. Tes wawancara ini akan mengasilkan enam besar peserta seleksi untuk dipilih dalam rapat pleno Anggota KPU Lombok Timur dan akan menghasilkan tiga anggota PPS terpilih. Tiga sisanya akan masuk dala daftar PAW, bila terdapat anggota PPS yang berhalangan tetap dalam melaksanakan tugas setelah pelantikan.

8. Pengumumamn Tes Wanancara

Pengumuman hasil seleksi wawancara untuk PPK akan dilaksanakan sejak Tanggal 26 sampai 28 Oktober, sedangkan pengeumuman untuk PPS dilaksanakan pada Tanggal 11 Nopember. pengumuman akan dilaksnakan melaui media cetak, online dan akan ditempel di sekretariat KPU serta kantor Kecamatan.

Ulasan terkait tahapan pelaksanaan seleksi badan adhoc PPK dan PPS di atas, merupakan gambaran umum rencana pelaksanaan rekrutmen dan seleksi yang akan dilaksanakan KPU Lombok Timur. Lebih rinci akan dijelaskan nanti ketika rekrutmen dan seleksi mulai dibuka. sementara utnuk rekrutkemn Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sebagaimana diatur pada PKPU 1 tahun 2017 tentang tahapan dan jadwal pilkada serentak, adalah sejak 12 Nopember 2017 sampai dengan 3 Juni 2018. jadwal rekrutmen petugas di TPS ini maju lebih awal dengan harapan, pemanfaatn waktu luang tersebut dapat dimaksimalkan untuk meningkatykan pemahaman dan penguasaan KPPS dalam melaksnakan pemungutan dan penghitungan suara serta mengisi formulir yang sudah disediakan.

Proses rekritmen dan seleksi ini akan mengahasilakan calon penyelenggara PPK dan PPS yang baik, bila seluruh tahapan dilaksanakan dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. mewujdukan hal tersebut, selain menjadi tugas dan tanggung jawab KPU, juga menjadi bagian beban moral peserta dan masyarakt umum agar mendukung proses pelaksanaan tersebut berjalan lancar dan on the track. (**)

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com