• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

PEMILU DAN KEMULIAAN PEMIMPIN

Artikel | 30 September 2017 | Humas


Pada hakikatnya sebuah negara dapat disebut sebagai negara yang demokratis, apabila di dalam pemerintahan tersebut rakyat memiliki persamaan di depan hukum, memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, dan memperoleh pendapatan yang layak karena terjadi distribusi  pendapatan yang adil, serta memiliki kebebasan yang bertanggung jawab.

Demokrasi tidak mungkin terwujud,  jika tidak didukung oleh masyarakatnya. Pada dasarnya timbulnya budaya demokrasi disebabkan karena rakyat tidak senang adanya tindakan sewenang  wenang  baik dari pihak penguasa maupun dari rakyat sendiri.

Tantanganya pada era paska reformasi ini adalah kemunculan kekuatan oligarki politik ekonomi dan dominasi ekonomi neo liberal yang berpotensi menghadang agenda-agenda kesejahteraan rakyat dan pemerataan ekonomi. Akibatnya kemandirian nasional dan kesenjangan sosial semakin rentan dan mengancam jika negara tidak kunjung mampu memainkan perannya sebagai regulator dan menjamin keberpihakanya pada ekonomi rakyat.

Demokrasi jangan hanya dipandang sebagai prosedur kelembagaan semata. Demokrasi harus menjamin terwujudnya sebuah pemerintahan efektif sekaligus partisipasi rakyat secara lebih otentik dan positif. Demokrasi harus melibatkan rasionalitas dan pemberdayaan. Sehingga yang terjadi bukan mobilisasi emosional tetapi partisipasi dan rasional akal sehat.

Dalam mewujudkan kehidupan Demokrasi, dilaksanakanlah sistem Pemilihan Umum untuk memilih wakil-wakil rakyat di DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta dilaksanakan pula Pemilihan Kepala Daerah baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bipati /Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Salah satu faktor  Pemilihan Umum yang berkwalitas adalah tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pemilu. Tentu saja semakin tinggi partisipasi politik pemilih dalam Pemilu maka semakin tinggi pula kualitas Pemilu yang terjadi. Karena masyarakat pemilih adalah pemberi legitimasi atau mandat kepada para wakil atau pemimipin untuk menjalankan fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan dalam pemerintahan yang berlangsung lima tahun ke depan. Oleh karenanya semakin besar partisipasi rakyat memilih semakin legitimate pula Pemilu yang dihasilkan.

Partisipasi rakyat harus terinstitusionalisasi, yakni melalui partai politik, organisasi masyarakat, media, dan lain sebagainya. Dengan demikian, pemerintah pun dalam hal ini agar responsif terhadap masukan rakyat dan mampu terkontrol dengan output peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dengan kata lain meningkatnya partisipasi dan akuntabilitas serta kecerdasan rakyat di dalam memilih akan membuat demokrasi menjadi sehat dan bermanfaat. Kemuliaan Pemimpin tergantung pada akhlaq dan kebijakannya yang membawa kesejahteraan rakyat, Pemimpin yang memiliki ahlaq dan kebijakan yang membawa kesejahteraan rakyat lahir dari rahim demokrasi yang sehat serta terjamin kualitasnya. Seluruh rakyat yang memiliki hak pilih berkesempatan untuk membentuk Kemuliaan seorang Pemimpin, karenanya mari kita semua gunakan hak pilih kita untuk memilih para pemimpin. (**)

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com