Media Sosial

H A R I

Menuju PEMILU

2019

AGENDA KPU

10 Agustus 2018

Menerima Kunjungan KPU Jeneponto

PENGUMUMAN

Selengkapnya

RPP "SEGARE ANAQ"

  • Poster
  • Infografis
  • e-Dokumen
  • Perpustakaan
  • Miniatur 3 Dimensi
  • Audio Visual

PUSAT DATA / INFORMASI

- Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum

- Informasi Penyelenggara Pemilu

- Informasi Logistik Pemilu

- Penghitungan Suara

- Penggantian Antar Waktu

- Sisitem Informasi Pemilih

- Sistem Partai Politik

Siswa MAN I SELONG Simulasi Pemilihan Ketua OSIS Langsung

Humas

Selong,kpu-lomboktimurkab.go.id-  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Timur, memfasilitasi proses pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN I Selong  sehingga proses pemilihan berlangsung layaknya pemilihan walikota/bupati secara langsung. Kegiatan ini juga merupakan program tahunan OSIS sesuai dengan AD/ART nya. Bertempat di Aula KPU Kabupaten Lombok Timur Senin, 11 September 2017.  “Ide awal, murni dari pihak sekolah yang menginginkan pemilihan ketua OSIS dipilih langsung oleh siswa agar lebih demokratis,” Ungkap Panitia Komisi Pemilihan ketua OSIS MAN I Selong. Untuk itu, Panitia Pemilihan ketua OSIS Meminta kesediaan KPU Kabupaten Lombok Timur memfasilitasinya dengan meminjamkan peralatan pendukung, seperti bilik maupun kotak suara serta mekanisme pemilihan.

Sebelum dilaksanakan pemilihan, panitia komisi pemilihan ketua OSIS  melakukan sosialisasi ke KPU Kabupaten Lombok Timur Guna untuk menanyakan tata cara pemilihan yang semestinya pemilihan kepala daerah atau pemilihan nasional ungkapnya. Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur Muh.Saleh,S.IP,MH. Menjelaskan Materi  bimbingan teknis kepada penyelenggara, termasuk format kartu suaranya.  juga memberikam bimbingan untuk membedakan kartu suara yang sah dan tidak sah," Ungkap  M. Saleh , pemilihan ketua OSIS secara langsung tersebut sebagai bentuk simulasi yang diklaim hasilnya lebih efektif, dibandingkan dengan sekadar simulasi biasa yang mudah dilupakan, karena siswa tidak mengalaminya langsung.
Lewat proses pemilihan ketua OSIS yang menyerupai pemilihan bupati, Ungkapnya, ingin  memberikan pengalaman tersendiri kepada para siswa ketika nantinya menjadi pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lombok Timur  2018 nanti. 

Ketua Pemilihan OSIS MAN I Selong mengatakan, jumlah DPT siswa/Siswi mencapai sekitar 889 Siswa. Proses ini diikuti oleh 3 (Tiga)  pasangan calon yang masing-masing mempunyai tim terdiri dari 1 orang ketua, wakil ketua dan sekretaris. “Sebelumnya, pemilihan ketua OSIS dipilih oleh perwakilan dari masing-masing kelas. Kini semua siswa memilihnya langsung karena biaya pemilihan ketua OSIS merupakan hasil anggaran tahunan siswa melalui OSIS,

KPU Lombok Timur

Alamat: Jl MT Haryono No7 Selong, 83612

Telp: (0376)

Fax: (0376)

@2018 KPU Lotim. Hak cipta dilindungi undang-undang