Media Sosial

H A R I

Menuju PEMILU

2019

AGENDA KPU

10 Agustus 2018

Menerima Kunjungan KPU Jeneponto

PENGUMUMAN

Selengkapnya

RPP "SEGARE ANAQ"

  • Poster
  • Infografis
  • e-Dokumen
  • Perpustakaan
  • Miniatur 3 Dimensi
  • Audio Visual

PUSAT DATA / INFORMASI

- Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum

- Informasi Penyelenggara Pemilu

- Informasi Logistik Pemilu

- Penghitungan Suara

- Penggantian Antar Waktu

- Sisitem Informasi Pemilih

- Sistem Partai Politik

Tahapan Persiapan Pilkada Lotim Sudah Mencapai 98%

Humas

Bertempat di Rumah Makan Carpio, Aikmel (13/6/2018), KPU Lombok Timur mengadakan kegiatan Press Gathering untuk mengkoordinasikan jalannya tahapan Pilkada 2018 dengan beberapa perwakilan media cetak dan elektronik yang ada di Lombok Timur.

 

Dalam pertemuan tersebut, Kadiv Sosialisasi dan Parmas, Drs. H. Musa Al Hady menyampaikan bahwa terdapat perubahan terkait dengan penggunaan hak pilih. Sesuai dengan PKPU Nomor 8 Tahun 2018, KPU RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 574/PL.03.6-SD/06/KPU/VI/2018 bahwa masyarakat dapat menggunakan hak pilih meskipun masyarakat tidak membawa KTP-EL dan  SUKET namun harus terdaftar pada DPT yang sudah ditetapkan. Masyarakat juga dapat menggunakan hak pilih dengan hanya membawa formulir C6.

 

Di kesempatan yang sama Ketua KPU Lombok Timur, Muh. Saleh mengungkapkan hingga saat ini tahapan PILKADA 2018 sudah terlaksana dengan baik. Terkait dengan logistik, kesiapan KPU Lombok Timur telah mencapai 98% dan pendistribusian logistik berupa kelengkapan logistik di luar kotak suara sudah terlaksana sejak tanggal 12 Juni 2018. Dan ditargetkan rampung sesuai jadwal yang telah direncanakan.

 

Selain itu Muh. Saleh menyampaikan agar semua pihak tetap mengawal semua proses dan tahapan yang sedang berjalan, begitu juga dengan iklan media cetak, media elektronik dan media online.   Namun ada ketentuan bahwa media yang dapat diajak kerja sama adalah media yang sudah memiliki badan hukum maka yang bisa dijangkau sangat terbatas/tidak bisa memakai semua media dan untuk iklan kampanye melalui media sudah berjalan sesuai rencana dan tahapan.

 

Kadiv Teknis, Zinurrain yang turut hadir menambahkan, nantinya KPU Lombok Timur juga akan melaksanakan proses pengolahan data hasil pemungutan suara berbasis online dan offline  (SITUNG) termasuk SITUNG Pindai dengan cara men-scan hasil entry pada formulir C1 dan sudah dilakukan uji coba secara nasional sehingga nantinya masyarakat diharapkanakan mampu mengakses informasi mengenai hasil pemungutan suara dengan mudah.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara KPU Lombok Timur dengan tamu undangan yang hadir. Sejumlah pertanyaan yang muncul terkait dengan pendistribusian  SUKET dan iklan serta sosialisasi berbasis media online. Menanggapi hal tersebut, Muh. Saleh menerangkan bahwa KPU tetap melaksanakan koordinasi dengan Dukcapil terkait dengan proses percetakan dan pendistribusian SUKET kepada masyarakat yang diharapkanakan segera rampung dalam waktu dekat. Saat ini terdapat 130 ribu SUKET yang siap cetak dan segera didistribusikan kepada masyarakat.

 

Di akhir acara terdapat saran menarik yang dilontarkan oleh Direktur Selaparang Televisi, Widiyanto untuk mempertemukan semua pasangan calon sebelum hari pemungutan suara, adapun tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui bahwa Pilkada 2018 berlangsung damai tanpa ada gesekan-gesekan politik yang terjadi selama tahapan Pilkada. Menanggapi hal tersebut Drs. H. Musa Al Hady bersama tim penyelenggara akan mendiskusikannya terlebih dahulu apakah dapat dilaksanakan di kemudian hari.

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KPU, Komisioner, wartawan TVRI NTB, wartawan Selaparang TV, wartawan Corong Rakyat, wartawan I.Global News, wartawan Suara NTB, wartawan Lombok Post dan anggota Sat Intelkam. (HUMAS KPU LOTIM)

KPU Lombok Timur

Alamat: Jl MT Haryono No7 Selong, 83612

Telp: (0376)

Fax: (0376)

@2018 KPU Lotim. Hak cipta dilindungi undang-undang