• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

Mekanisme Pemungutan Suara, Pendistribusian Logistik dan Evaluasi Iklan Media

Berita | 12 Juni 2018 | Humas


Bertempat di Lesehan Elen Selong, Selasa (12/6/2018) berlangsung rapat koordinasi distribusi logistik dan evaluasi iklan media cetak dan elektronik yang dihadiri oleh Ketua KPU Lombok Timur, anggota Komisioner, tim pemenangan masing-masing Paslon, Kepolisian, Panwaslu, POL PP dan Bakesbangpoldagri dengan agenda membahas tentang pendistribusian logistik, evaluasi pelaksanaan iklan melalui media dan lain-lain yang terkait Pilkada.

 

Dalam pengantarnya Muh. Saleh menginformasikan bahwa pemilih yang sudah terdaftar di DPT tidak lagi diwajibkan membawa KTP atau SUKET pada saat memilih, pemilih cukup membawa Formulir Model C6.  Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 574 tertanggal 8 Juni 2018 terkait mekanisme pemungutan suara yang dikeluarkan oleh KPU RI.  Muh. Saleh juga menyampaikan bahwa masyarakat yang tidak terdaftar di DPT wajib menunjukkan KTP atau SUKET yang dikeluarkan oleh Dukcapil dan akan dilayani pada pukul 12.00 s/d pukul 13.00 WITA.  “Bagi yang belum mempunyai KTP atau SUKET agar segera mengurusnya di Dukcapil agar bisa memilih,” kata Muh. Saleh.

 

Berikutnya Muh.Saleh menyampaikan, “iklan melalui media cetak yang seharusnya sudah terbit sejak hari Senin 11 Juni 2018 hasilnya kurang maksimal dan sulit untuk dibaca mungkin terkait dengan teknis percetakan,” ungkap Muh. Saleh, namun pada hari kedua Selasa 12 Juni hasilnya cukup baik, begitu juga dengan iklan radio yang sudah berjalan sesuai rencana. 

 

Selanjutnya Muh. Saleh menyampaikan mengenai dua jenis logistik.  Pertama logistik yang di luar kotak dan yang ada di dalam kotak.  Yang di luar kotak antara lain, tanda pengenal KPPS, tanda pengenal petugas ketertiban, tanda pengenal saksi, Formulir model C7, daftar pasangan calon Gubernur dan Bupati, buku panduan KPPS, Formulir model A3, A4, A.Tb, poster suara sah dan tidak sah, denah pemungutan suara, denah penghitungan suara, sampul dan anak kunci.

 

Sedangkan yang di dalam kotak  terdiri dari surat suara, sampul, kantong plastik, segel, alat bantu tuna netra, C1 plano berhologram, formulir penghitungan suara di TPS, karet gelang, tinta, alat dan alas coblos.

 

Adapun ketentuan pendistribusian logistik di luar kotak akan dimulai pada tanggal 13 Juni s/d 20 Juni 2018.  Sedangkan untuk kotak suara akan didistribusikan dari KPU ke PPK (Kecamatan) tanggal 23 - 24 Juni 2018.  Dari kecamatan ke desa tanggal 24 - 25 Juni 2018 dan dari desa ke TPS tanggal 26 Juni 2018.

 

Dalam hal ini, Muh. Saleh mengatakan bahwa keamanan logsitik dari KPU ke lokasi harus terjamin karena logsitik ini merupakan dokumen negara.  Untuk itu, Muh. Saleh meminta kepada Kepolisian dan Pol PP untuk menugaskan personilnya demi keamanan logistik tersebut. 

 

Pada kesempatan yang sama masing-masing tim Paslon, perwakilan dari Pol PP dan Kepolisian menyampaikan pendapatnya  secara bergiliran. Perwakilan dari Pol PP menyampaikan bahwa pada saatnya nanti PoL PP akan mengerahkan timnya untuk mengamankan Pilkada sekaligus meminta agar sosialisasi isi surat edaran KPU RI supaya dimaksimalkan karena banyak pemilih yang belum mengetahui hal tersebut.  Terakhir, perwakilan dari Kapolres menyampaikan bahwa pada prinsipnya Polri siap mengamankan semua tahapan Pilkada sembari meminta agar dibuatkan SOP pendistribusian untuk mengatur personil.  (Humas KPU Lotim)

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com

Humas KPU Kab. Lotim
teknispud@gmail.com
. teknispud@gmail.com