• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

Pemilih Pindah Memilih Harus Kantongi Formulir A5

Berita | 06 Juni 2018 | Humas


KPU Lombok Timur berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di rumah sakit baik perawat yang piket, pasien rawat inap maupun keluarga pasien yang menunggu termasuk warga yang sedang berada di rutan, tahanan Kepolisian maupun Kejaksaan yang nantinya akan dibekali dengan Formulir A5 yang diperuntukkan bagi masyarakat yang pindah memilih. 
 

Demikian juga dengan warga yang sedang berada di panti rehahabilitasi narkoba, mahasiswa yang menjadi pemilih yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara asal karena alasan tertentu dan masyarakat yang tertimpa bencana juga bisa dilayani dengan membawa formulir A5.  Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Lombok Timur, Muh. Saleh pada rapat koordinasi pembahasan pemilih pindah memilih, Rabu (06/6/2018).
 

Rapat dilaksanakan di aula KPU Lombok Timur yang dihadiri oleh Kepala Dinas Dukcapil, Direktur Rumah Sakit Umum, Kepala Puskesmas, Ketua PPK, Panwas, POLRI dan Kejaksaan serta Ketua KPU Lombok Timur, 4 orang anggota Komisioner dan Sekretaris KPU.
 

Ditempat yang sama ketua Panwaskab, Retno Sirnopati menyampaikan beberapa hal terkait dengan rekomendasi yang disampaikan kepada KPU diantaranya tentang masyarakat yang sudah didata tetapi tidak masuk DPT, masyarakat yang sudah meninggal dunia dan tentang KTP ganda.  Sebelum itu Retno Sirnopati menghimbau kepada peserta Rakor untuk sama-sama memberikan perhatian kepada DPT yang sudah ditetapkan untuk diberikan masukan.  “Mungkin ada warga yang belum terdaftar untuk penyempurnaan kedepan,” katanya.  Sesuai hasil pencermatan dari Panwas menurut Retno Sirnopati potensi pemilih non KTP elektronik cukup banyak dan diakui keberadaannya. “Dalam hal ini diperlukan atensi dari kita semua,” himbaunya.
 

Sementara itu dari Kepolisian menyampaikan jumlah tahanan yang ada di Polres Lombok Timur untuk saat ini berjumlah 40 orang dan dalam pelaksanaan Pilkada nanti akan diadakan pengawalan maksimal.  Sedangkan dari Kejaksaan menyampaikan bahwa Kejaksaan  tidak mempunyai ruang tahanan sehingga laporan sudah termasuk di laporan lapas. “Untuk minggu-minggu ini mungkin akan ada perubahan lagi karena sudah ada yang diputus dan ada yang akan dilimpahkan dari kepolisian,” ungkapnya.
 

Pada kesempatan yang sama kepala dinas Dukcapil Sateriadi menyampaikan "Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi dokumen yang diminta, terutama oleh warga yang belum mempunyai dokumen, tetapi Dukcapil akan melayani perekaman apabila dokumennya lengkap seperti memiliki kartu keluarga (KK) dan lainnya,” ungkapnya. 
 

Bagi warga rutan yang belum merekam, Kadis Dukcapil meminta agar rutan meminta data dari keluarga warga rutan.  Sedangkan bagi warga yang belum sempat merekam sampai hari pencoblosan, namun memiliki data yang valid akan diterbitkan Suketnya.  Ditempat berbeda sebelum pertemuan, Kadis Dukcapil menyampaikan akan memberikan pelayanan malam hari setelah hari Raya Idul Fitri.
 

Sementara itu Rumah Sakit umum dan 32 Puskesmas yang ada di Lombok Timur siap mendata perawat yang piket dan pasien rawat inap yang dirawat sampai hari pemilihan.  Merespon pertanyaan dari Kepala Puskesmas terkait pemilih yang tidak bisa berjalan, Muh. Saleh menyampaikan bahwa bagi warga yang tidak bisa berjalan nanti akan dikunjungi oleh petugas dan tetap dijaga kerahasiaannya.  “Demikian juga dengan pemilih yang memilih di TPS sesuai aturan diwajibkan membawa KTP atau Suket,” kata Muh. Saleh.  Selanjutnya Muh. Saleh menyampaikan bahwa untuk penerbitan formulir A5 diminta kepada Rumah Sakit dan Puskesmas untuk menyampaikan data sesuai nama dan alamat guna diterbitkan A5.  (Humas KPU Lotim)

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com

Humas KPU Kab. Lotim
teknispud@gmail.com
. teknispud@gmail.com