• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

SOSIALISASI BERBASIS KOMUNITAS DI DESA KETAPANG RAYA KERUAK

Berita | 02 Juni 2018 | Humas


Kadiv SDM dan Parmas KPU Lombok Timur, Drs. H. Musa Al Hady, MM membuka sosialisasi berbasis komunitas di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak, Sabtu (02/6/2018).  Pada kesempatan tersebut Drs. H. Musa Al Hady, MM menyampaikan bahwa dari beberapa tahapan Pemilukada yang telah dilalui, KPU Lombok Timur sudah memasuki tahapan keenam yaitu tahap kampanye. Jenis kampanye sendiri ada pertemuan terbatas, tatap muka, debat publik dan rapat umum.  “Kampanye bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui visi dan misi dari pasangan calon karena pemilih yang cerdas adalah pemilih yang memilih berdasarkan visi dan misi,” ungkap Kadiv SDM dan Parmas.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Ketapang Raya menyampaikan bahwa berkaitan dengan Pemilukada 2018, KPU akan memberikan hak bagi warga masyarakat atau warga negara untuk memilih.  “Kita bebas menentukan pilihan sesuai hati nurani jangan sampai ada tekanan dari salah satu pihak, kami bersama KPU akan berdampingan dan akan memonitor jalannya Pemilukada ini, mudah-mudahan kita mendapatkan hasil yang terbaik,” ungkapnya.

 

Selanjutnya Kadiv SDM dan Parmas melanjutkan sosialisasi dengan mengingatkan masyarakat untuk membawa formulir C6, KTP-el atau Suket (Surat Keterangan) yang dikeluarkan oleh Disdukcapil saat memilih nanti pada Rabu 27 Juni 2018.  “Selain membawa formulir C6, kita juga membawa KTP-el dan bagi masyarakat yang belum memiliki KTP-el namun sudah merekam agar membawa Suket pada hari pencoblosan,” tandasnya.  Sedangkan bagi masyarakat yang belum mempunyai dokumen kependudukan agar segera diurus dan melakukan perekaman identitas.

 

Selain itu, Kadiv SDM dan Parmas juga menjelaskan mengenai kriteria surat suara sah dan tidak sah.  Oleh karena itu penting diketahui cara mencoblos yang benar agar surat suara sah.  Kadiv SDM dan Parmas juga menambahkan mengenai kriteria Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang baik sehingga nantinya bisa memudahkan akses bagi pemilih yang menyandang disabilitas.

 

Sosialisasi pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur NTB serta Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur tahun 2018 terus dilakukan secara intensif. “KPU Lombok Timur sudah banyak melakukan sosialisasi seperti sosialisasi bersama perguruan tinggi, ormas, jurnalis, parpol, melalui mobil hubkominfo, serta sosialisasi di 20 kecamatan dan sosialisasi berbasis komunitas,” kata Kadiv SDM dan Parmas.

 

Sosialisasi berbasis komunitas pada 2 Juni 2018 dibagi menjadi lima koordinasi wilayah yaitu Desa Denggen, Desa Perigi, Desa Lenek, Desa Ketapang Raya dan Desa Rumbuk.  Masing-masing desa diwakili oleh satu orang koordinator wilayah yaitu Ketua KPU Lombok Timur dan empat orang Komisioner.

 

Terakhir, Kadiv SDM dan Parmas mengatakan bahwa berdasarkan data Pemilu 2014 diketahui partisipasi masyarakat dalam memilih adalah sekitar 78%, “ini artinya partisipasi masyarakat tidak pernah mencapai 100%, ini bisa dikarenakan karena adanya pemilih yang meninggal dunia, sehingga mengurangi jumlah pemilih dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap), kemudian ada yang berangkat ke luar negeri dan lain-lain,” ungkap Kadiv SDM dan Parmas memaparkan.

 

Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan buka puasa bersama.  Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadiv SDM dan Parmas, Kepala Desa Ketapang Raya, PPK Keruak dan masyarakat yang berjumlah sekitar 60 orang. (Humas KPU).  

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com

Humas KPU Kab. Lotim
teknispud@gmail.com
. teknispud@gmail.com