• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

Rakor Persiapan Kampanye Pilbub Lotim

Berita | 31 Mei 2018 | Humas


KPU Lombok Timur mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan kampanye Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur di Lesehan Elen Selong, Kamis sore (31/5/2018).  Rapat dibuka oleh Kadiv SDM dan Parmas KPU Lombok Timur, Drs. H. Musa Al Hady, MM dengan agenda membahas kesiapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur menyiapkan template untuk kampanye melalui iklan media cetak dan elektronik baik melalui radio dan TV.  Agenda kedua yaitu membahas penentuan lapangan yang akan dipakai oleh masing-masing pasangan calon untuk kampanye rapat umum.

 

Dari hasil rapat diketahui bahwa bahan kampanye melalui iklan media cetak dan elektronik akan disampaikan tim pemenangan Paslon ke KPU pada tanggal 5 Juni 2018.  Sedangkan tempat kampanye rapat umum dari masing-masing Paslon telah dilaporkan oleh masing-masing tim pemenangan.  Untuk pasangan calon nomor urut satu (Harum) belum menentukan pilihan dan akan disampaikan sesuai waktu yang ditentukan.  Sedangkan nomor urut dua (Al-Habib) akan memakai Lapangan Nasional. Nomor urut tiga (Sukma) akan menggunakan Lapangan Gotong Royong Masbagik pada tanggal 22 Juni 2018, pasangan nomor urut empat (Fiddin) memilih Lapangan Nasional.

 

Selanjutnya Ketua KPU Lombok Timur Muh. Saleh menyampaikan bahwa waktu yang diberikan kepada masing-masing Paslon untuk berkampanye melalui radio adalah sekitar 60 detik.  Sedangkan yang bisa diisi oleh masing-masing Paslon adalah 50 detik.  Untuk itu diminta kepada masing-masing Paslon untuk menyesuaikan templatenya, sedangkan iklan melalui media TV Paslon bisa memanfaatkan waktu sekitar 30 detik, yang pasti semua Paslon punya kesempatan yang sama untuk memanfaatkan kampanye melalui media.

 

Kepala divisi hukum dan penindakan Banwaslu Lombok Timur Sahnam menyampaikan poin-poin yang membutuhkan perhatian dalam berkampanye diantaranya kampanye di tempat ibadah.  “Silahkan saja masyarakat mengundang calon tapi atas nama pribadi tanpa menyebut Paslon, ini sesuai peraturan Banwaslu,” ungkapnya.  Kedua tentang barang yang boleh diberikan adalah berupa sarung, jilbab, sajadah, sembako dan topi yang harganya tidak lebih dari Rp 25.000,-.  Sedangkan pelanggaran yang bersifat terstruktur sistematis dan massive bisa dikenakan pidana kalau terbukti contohnya dilakukan dari tingkat dusun, desa, kecamatan sampai kabupaten.  Sedangkan terencana ada di dalam perencanaan, sedangkan massive berlaku secara luas. 

 

Pada kesempatan tersebut Kepala badan Bakesbangpoldagri H. Sudirman mengingatkan bahwa dari pantauannya ditemukan beberapa  gambar yang disobek atau ditusuk oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.  H. Sudirman berharap agar tim pemenangan tidak terpancing guna tetap menjaga kondusifitas.  Diharapkan juga kepada tim Paslon untuk lebih meningkatkan partisipan kampanyenya karena masih banyak ditemukan masyarakat yang masih bingung dan belum menentukan pilihan.

 

Sedangkan dari Kepolisian menyampaikan bahwa dari hasil serapan dan laporan yang diterima dari petugas lapangan diketahui bahwa pelaksanaan kampanye selama ini terpantau aman dan terkendali.  Disampaikannya juga bahwa Polres siap melaksanakan pengamanan Pilkada secara maksimal.  Untuk itu dalam pelaksanaan rapat umum nanti Polri akan menyusun personil pengamanan dan akan dibantu oleh TNI.  “Intinya Polres Lombok Timur siap melakukan pengamanan secara maksimal,” tandasnya.  Begitu juga dengan TNI siap membantu Kepolisian dalam melakukan pengamanan, seraya memohon agar masing-masing Paslon turut mengamankan timnya masing-masing.  “Demikian juga halnya dengan POL PP, pada prinsipnya siap membantu pengamanan dari tingkat TPS (KPPS), PPS, PPK dan KPU,” ungkapnya.

 

Sebelum disimpulkan, Muh. Saleh menyarankan agar masing-masing tim Paslon pada masa tenang agar menertibkan semua bentuk APK yang terpasang baik baliho dan lainnya.  “Mungkin ada yang bisa dimanfaatkan kecuali yang ada di posko karena kalau tidak nanti akan ditertibkan oleh petugas dari Polri dan POL PP,” ungkapnya.  Demikian juga dengan Paslon yang belum menentukan tempat kampanye supaya segera menentukan untuk memperlancar proses kontrak dengan media.

 

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh pihak Bakesbangpoldagri, Polri, Kodim, Pol PP, Panwaskab, tim Paslon, Ketua KPU dan anggota Komisioner.  Rapat kemudian diakhiri dengan buka puasa bersama.  (Humas KPU)

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com

Humas KPU Kab. Lotim
teknispud@gmail.com
. teknispud@gmail.com