Media Sosial

H A R I

Menuju PEMILU

2019

AGENDA KPU

10 Agustus 2018

Menerima Kunjungan KPU Jeneponto

PENGUMUMAN

Selengkapnya

RPP "SEGARE ANAQ"

  • Poster
  • Infografis
  • e-Dokumen
  • Perpustakaan
  • Miniatur 3 Dimensi
  • Audio Visual

PUSAT DATA / INFORMASI

- Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum

- Informasi Penyelenggara Pemilu

- Informasi Logistik Pemilu

- Penghitungan Suara

- Penggantian Antar Waktu

- Sisitem Informasi Pemilih

- Sistem Partai Politik

Sosialisasi di Kecamatan Sakra Dipenuhi Pertanyaan

Humas

Pelaksanaan sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur 2018 yang memasuki hari kedua berlangsung hangat dan dipenuhi pertanyaan dari peserta.  Sosialisasi yang berlangsung di aula Kantor Camat Sakra, Kamis (31/5/2018), menghadirkan peserta dari berbagai unsur masyarakat di kecamatan Sakra.

 

Pertanyaan yang mengemuka adalah seputar pelaksanaan pemungutan suara di TPS, mulai dari teknis pemungutan suara untuk warga yang sakit, berkebutuhan khusus hingga masalah keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam politik praktis. Tiga narasumber yang dihadirkan KPU Lombok Timur masing-masing Ketua KPU Muh Saleh, Kepala Bakesbangpoldagri Sudirman dan Camat Sakra bergantian memberikan jawaban.

 

Camat Sakra selaku pembicara pertama mengajak semua peserta yang hadir agar turut berperan aktif mensukseskan Pilkada 2018 dengan cara menyampaikan ajakan ke TPS kepada keluarga maupun masyarakat sekitar.

 

Sementara itu Kepala Bakesbangpoldagri, Sudirman, dalam uraiannya lebih mengedepankan tentang pentingnya pemahaman tentang politik oleh semua elemen masyarakat karena politik ini selalu hadir dalam hampir semua aspek kehidupan.  "Oleh karena itu pendidikan politik itu sangat penting, dan melalui Pemilu itulah sesungguhnya landasan pembangunan itu diletakkan," katanya.

 

Pembicara utama sekaligus pembicara terakhir yakni Ketua KPU Lombok Timur, Muh Saleh, kembali menekankan pentingnya ASN agar bersikap netral pada Pemilukada mendatang.

 

Adapun tujuan dari sosialisasi ini adalah menyebarluaskan informasi  mengenai  tahapan, jadwal dan program pemilihan, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan.

 

Pastikan pada tanggal 27 Juni 2018 masyarakat sudah menerima surat pemberitahuan untuk memilih di TPS atau Formulir C6, mengetahui lokasi TPS dan waktu pencoblosanmengetahui dokumen yang harus dibawa ke TPS, mengetahui tata cara memilih/mencoblos dengan benarpemilih menunjukkan formulir Model C6-KWK dan wajib menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan kepada KPPS (Pasal 7 PKPU 8 Tahun 2018).

 

Sosialisasi dilaksanakan secara rutin selama lima hari berturut-turut dimulai sejak hari Rabu tanggal 30 Mei 2018 sampai dengan Minggu 3 Juni 2018. Adapun sepuluh kecamatan yang dikunjungi oleh KPU Lombok Timur adalah Selong, Keruak, Sakra, Sikur, Sakra Timur, Labuhan Haji, Sakra Barat, Terara, Jerowaru dan Montong Gading dengan agenda yang sama yaitu sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur 2018. (Humas KPU)

KPU Lombok Timur

Alamat: Jl MT Haryono No7 Selong, 83612

Telp: (0376)

Fax: (0376)

@2018 KPU Lotim. Hak cipta dilindungi undang-undang