Media Sosial

H A R I

Menuju PEMILU

2019

AGENDA KPU

10 Agustus 2018

Menerima Kunjungan KPU Jeneponto

PENGUMUMAN

Selengkapnya

RPP "SEGARE ANAQ"

  • Poster
  • Infografis
  • e-Dokumen
  • Perpustakaan
  • Miniatur 3 Dimensi
  • Audio Visual

PUSAT DATA / INFORMASI

- Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum

- Informasi Penyelenggara Pemilu

- Informasi Logistik Pemilu

- Penghitungan Suara

- Penggantian Antar Waktu

- Sisitem Informasi Pemilih

- Sistem Partai Politik

Pentingnya Keterlibatan Generasi Muda Dalam Pemilihan Kepala Daerah Provinsi NTB

Humas

Sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTB terus dilakukan oleh KPU Provinsi NTB salah satunya dengan mengadakan sosialisasi yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Selong Kabupaten Lombok Timur. Beberapa narasumber menyampaikan beberapa hal terkait tahapan Pilkada, dua titik poin pengawasan dan tujuan dari diadakannya Pilkada atau Pemilu. Sosialisasi dilaksanakan di Gedung Juang, Senin (16/04/2018) yang dihadiri oleh Kadiv Teknis & Kasubag Teknis Provinsi NTB, Ketua Panwas Kabupaten Lombok Timur, staf KPU Provinsi NTB, Staf KPU Lombok Timur, Ketua HMI dan perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Lombok Timur.

 

Pada kesempatan ini, Kasubag Teknis, M. Tajudin mengungkapkan ada beberapa tahapan Pilkada seperti tahapan pemutakhiran data pemilih, pencalonan dalam pemilihan, kampanye dalam pemilihan, dana kampanye peserta pemilihan, tahap pemungutan suara dan penetapan pasangan calon terpilih.

 

Ketua Panwaskab, Retno Sirnopati pada sosialisasi yang sama menjelaskan ada dua titik poin pengawasan yaitu pencegahan dan penindakan. Proses pencegahan dilakukan dengan berkoordinasi dengan stakeholder, semua komponen organisasi masyarakat, komponen pemuda untuk mensosialisasikan pencegahan, “contohnya dengan menghadirkan seluruh Camat di Lombok Timur, seluruh Kepala Desa, Kapolsek untuk mensosialisasikan pencegahan,” ungkapnya. Poin kedua adalah tahap penindakan yaitu penindakan akan dilakukan oleh kepolisian & kejaksaan.  

 

M. Tajudin kembali menambahkan bahwa akhir dari pelaksaan Pilkada ini adalah kualitas dan kuantitas. Kualitas diukur dari proses pelaksanaan dan kuantitas dilihat dari partisipasi pemilih yaitu kuantitas dianggap baik jika partisipasi pemilih di atas 77,5%. Sedangkan, Kadiv Teknis, Suhardi Soud menjelaskan bahwa demokrasi tidak bisa dihindari, hanya bisa dimanfaatkan untuk memilih pemimpin yang akan berkontribusi terhadap masa depan, mendorong kesejahteraan rakyat. Selain itu, KPU menyediakan akses informasi yang terbuka kepada masyarakat, berita mengenai kegiatan-kegiatan KPU dapat dicek pada website masing-masing KPU Kab/Kota.

 

Acara sosialisasi ditutup dengan pembagian kaos dan mug sosialisasi Pemilu oleh KPU Provinsi NTB kepada mahasiswa yang telah memberikan pertanyaan dan menjawab beberapa pertanyaan. Terkahir, pembacaan ikrar dibacakan oleh mahasiswa, untuk tidak menyebarkan isu sara, hoax, ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan NKRI. (Humas KPU)    

KPU Lombok Timur

Alamat: Jl MT Haryono No7 Selong, 83612

Telp: (0376)

Fax: (0376)

@2018 KPU Lotim. Hak cipta dilindungi undang-undang