Media Sosial

H A R I

Menuju PEMILU

2019

AGENDA KPU

10 Agustus 2018

Menerima Kunjungan KPU Jeneponto

PENGUMUMAN

Selengkapnya

RPP "SEGARE ANAQ"

  • Poster
  • Infografis
  • e-Dokumen
  • Perpustakaan
  • Miniatur 3 Dimensi
  • Audio Visual

PUSAT DATA / INFORMASI

- Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum

- Informasi Penyelenggara Pemilu

- Informasi Logistik Pemilu

- Penghitungan Suara

- Penggantian Antar Waktu

- Sisitem Informasi Pemilih

- Sistem Partai Politik

Perbedaan Teknik Sosialisasi KPU Lombok Timur Dengan Kabupaten Bantaeng Dan Sidrap

Humas

Ada beberapa perbedaan cara dan teknik  sosialisasi tahapan pemilihan yang diterapkan KPU Lombok Timur dengan KPU Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan. Menurut Ketua KPU Lombok Timur, Muh. Saleh, KPU Lombok Timur mengintensifkan sosialiasi melalui berita web, instagram, facebook dan twitter. KPU Lombok Timur juga menyiapkan khotbah Jum’at yang disebar ke kecamatan. Hal ini diungkapkan pada kunjungan kerja KPU Kabupaten Bantaeng dan KPU Kabupaten Sidrap dalam rangka studi praktik tahapan pemilihan 2018 pada Senin (2/4/2018) di aula kantor KPU yang dihadiri Ketua KPU Lombok Timur, Kadiv Hukum, Kasubag dan staf KPU Lombok Timur, Ketua KPU Bantaeng, Ketua KPU Sidrap dan staf KPU Bantaeng.

 

Kadiv Hukum KPU Lombok Timur, Taharuddin menambahkan bahwa KPU Lombok Timur melakukan sosialiasasi berbasis marbot, sosialisasi di sepuluh kecamatan, sosialiasi yang melibatkan komunitas janda, kelompok marginal TKW dan TKI, dan yang terpenting adalah melibatkan tuan guru dan pesantren.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Bantaeng, Nurbaiti menjelaskan teknik sosialisasi yang diterapkan di Kabupaten Bantaeng adalah dengan sosialisasi berbasis komunitas di tempat-tempat tertentu yang dilakukan secara outdoor seperti di café, lapangan, sekolah dll. Sosialisasi kedua dengan teknik go to school yaitu mengunjungi sekolah-sekolah secara langsung, merekrut anak-anak SMA untuk dilatih menjadi PPS dan melakukan simulasi menjadi PPS di sekolah maisng-masing. Ketiga dengan cara sosialisasi di tempat-tempat ramai seperti mendatangi pasar dan membagikan selebaran dan pamflet karena hal itu dianggap efektif. KPU Bantaeng juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendesain sesuatu mengenai Pilkada dan dipresentasikan.

 

Kepala Divisi Hukum KPU Bantaeng, St. Marwiyah menambahkan, “sosialisasi dilakukan dengan komunitas petani dan nelayan, selain itu ada lomba pidato dan yel-yel bagi pemilih pemula dan akan diadakan debat publik pada 25 April 2018,” ungkapnya.

 

Perbedaan teknik sosialisasi ini disebabkan oleh perbedaan jumlah penduduk, luas wilayah, kondisi wilayah, dan kondisi masyarakat. Kabupaten Bantaeng sendiri memiliki jumlah penduduk yang jauh lebih sedikit dari Kabupaten Lombok Timur dan luas wilayah yang jauh lebih kecil dari Lombok Timur. Oleh karena itu Lombok Timur dengan penduduk terpadat di NTB dijadikan sebagai contoh oleh KPU Bantaeng dan Sidrap. (Humas KPU) 

 

 

KPU Lombok Timur

Alamat: Jl MT Haryono No7 Selong, 83612

Telp: (0376)

Fax: (0376)

@2018 KPU Lotim. Hak cipta dilindungi undang-undang