• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat di Kecamatan Wanasaba

Berita | 20 Maret 2018 | Humas


Sosialisasi adalah salah satu bentuk pendidikan politik yang dilakukan agar masyarakat tahu tentang hak dan kewajibannya. Salah satu hak yang dimiliki masayarakat adalah memilih pasangan calon Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. Adapun syarat bagi masyarakat yang bisa memilih adalah memiliki dokumen kependudukan seperti KTP Elektornik dan Suket  yang dikeluarkan oleh DUKCAPIL, atau namanya sudah tercantum di DPT (Daftar Pemilih Tetap). Hal ini diungkapan Ketua KPU, Muh. Saleh, pada sosialisasi di Kantor Kecamatan Wanasaba (20/3/2018), yang dihadiri oleh tokoh agama, karang taruna & Ketua OSIS.

 

Lebih jauh lagi, Ketua KPU menyampaikan bahwa tidak kurang dari 120.000 masyarakat Lombok Timur yang belum memiliki dokumen kependudukan.  Jumlah ini terbilang cukup besar, untuk itu pihak KPU akan berkoordinasi dengan dukcapil untuk segera mendapatkan penyelesaian. Sebelum memulai sesi tanya jawab, Ketua KPU kembali mengingatkan agar semua pihak menghindari politik uang, ujaran kebencian, kampanye bernuansa sara dan kampanye hitam.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pada sesi ini ada beberapa pertanyan antara lain, bagaimana cara menghindari politik uang yang sekarang ini banyak dilakukan okeh para politisi, hal ini kemudian diberikan usulan oleh penanya agar sanksi tidak diberikan kepada pemberi saja namun juga kepada penerima uang sogokan. Pertanyaan kedua tentang solusi yang diberikan kepada masyarakat yang belum mempunyai dokumen kependudukan. Pertanyaan terakhir adalah  mengapa di Kecamatan Wanasaba terjadi selisih jumlah pemilih yang cukup besar jika dibandingkan dengan data tahun 2014 yang lalu.

 

Mengenai terjadinya selisih yang cukup signifikan,  Ketua KPU menjelaskan hal itu bisa terjadi karena terseleksi oleh sistem karena ditemukan banyak kegandaan data bahkan ada yang ditemukan satu orang bisa tercatat tiga kali dan langsung terseleksi di dalam sistem.

 

Sebelum acara diakahiri, Kepala Divisi SDM dan PARMAS selaku moderator menyampaikan, “terkait pertanyaan money politik, yang memberi dan menerima sogok sama-sama dilaknat oleh Allah SWT, tapi terkadang manusia sendiri yang pura-pura lupa,” katanya. Kadiv SDM menyampaikan bahwa dengan sistem yang ada sekarang sangat mudah untuk mendeteksi pemilih ganda sehingga data DPS yang ada sekarang bisa dipercaya. Untuk itu dihimbau agar semua warga dapat melihat DPS yang sudah diumumkan.

 

Ditempat yang sama Kepala Divisi Hukum mengimformasikan beberapa konsekuensi hukum yang bisa ditetima bagi yang melanggar aturan baik sebagai penyelenggara, peserta maupun pemilih. Menurut kadiv SDM dalam waktu dekat akan diadakan Gerakan Sosial Serentak dan Massal  yang akan dilakukan oleh PPK, PPS dan PPDP. (Humas KPU)

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com

Humas KPU Kab. Lotim
teknispud@gmail.com
. teknispud@gmail.com