• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

Penetapan Jumlah DPS Lombok Timur 2018 sebanyak 866.173 Orang

Berita | 16 Maret 2018 | Humas


Ketua KPU Lombok Timur menetapkan bahwa jumlah DPS laki-laki adalah 421.802 orang, perempuan 444.371 orang, sehingga total keseluruhan berjumlah 866.173 orang. Hal ini diperoleh dari hasil rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur di aula kantor KPU Lombok Timur (15/3/2018).


Rapat pleno dibuka dengan doa dari ketua PPK Sukamulia, Ustadz Muliadi. Pembukaan acara dilanjutkan dengan mengetuk palu oleh Ketua KPU Lombok Timur, Muh. Saleh. Agenda dari rapat pleno adalah mendengarkan laporan dari masing-masing ketua PPK hasil rapat pleno yang sudah dilakukan di PPK. Setelah itu diberikan kesempatan kepada PANWAS  untuk menyampaikan tanggapan terhadap laporan dari PPK. Demikian juga akan diberikan kesempatan kepada tim pemenangan masing-masing calon untuk memberikan masukan bahkan rekomendasi bagi masyarakat yang belum dicoklit oleh PPDP.


Pimpinan rapat mempersilahkan PPK menyampaikan laporannya. Secara bergiliran masing-masing PPK membacakan form AB-1, AC, AA yang menjadi hasil pemutakhiran 2018 yang nantinya otomatis menjadi DPS (Daftar Pemilih Sementara). PANWAS bertugas memberikan tanggapan setelah semua PPK membacakan hasil rapat pleno. Penyampaian laporan dibuka oleh PPK Labuhan Haji dan terkahir oleh PPK Sambalia.


Di akhir laporan, PANWAS menyampaikan beberapa catatan antara lain mengenai form baru seperti form  AX dan AX1, kemudian jumlah data yang tidak sesuai dengan yang dilaporkan, kasus Pringgabaya, ada 31 warga yang belum tercoklit namun sekarang sudah tercoklit, untuk masalah ini ketua KPU menjelaskan bahwa tahapan coklit sudah berakhir sehingga kemungkinan akan didata ulang pada tahap perbaikan di DPS. Mengenai adanya data yang berubah, PANWAS meminta klarifikasi pada PPK Aikmel, PPK Sambalia, PPK Jerowaru, PPK Pringgabaya dan PPK Sembalun.
Rapat pleno ditutup sementara ketika memasuki waktu Dzuhur dan dilanjutkan kembali pada pukul 13.47 WITA. Rapat pleno dilanjutkan dengan klarifikasi dari PPK Sembalun dan PPK Masbagik. Untuk kecamatan Masbagik, yakni di TPS 6 terdapat jumlah pemilih sebanyak 817 orang, sedangkan ketentuan maksimal dalam satu TPS adalah 800 orang. Pertanyaannya adalah bagaimana mengatasi kelebihan pemilih dalam satu TPS. Permasalahan ini kemudian dijawab oleh ketua KPU, Muh. Saleh menjelaskan akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan KPU Provinsi dan  kemungkinan tujuh belas orang tersebut akan dipindahkan ke TPS lain.


Sebelum pimpinan rapat mengetuk palu, ketua PANWAS,  Retno Sirnopati meminta kepada PPK agar membuat berita acara baru sesuai yang dilaporkan hari ini dan diberikan kepada panwascam dan tim pemenangan. Hal ini penting agar data kita sinkron dari bawah keatas. Pada kesempatan yang sama tim pemenangan dari SUKMA, Abdul Mubin sekaligus mewakili tim yang lain menyampaikan apresiasi kepada PPK yang telah bekerja keras sehingga pada hari ini DPS dapat ditetapkan. Adapun kekurangan yang masih ada masih bisa disempurnakan pada tahap DPS nanti. DPS kemudian diserahkan kepada PANWAS dan tim pemenangan. (Humas-KPU)

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com

Humas KPU Kab. Lotim
teknispud@gmail.com
. teknispud@gmail.com