Media Sosial

H A R I

Menuju PEMILU

2019

AGENDA KPU

10 Agustus 2018

Menerima Kunjungan KPU Jeneponto

PENGUMUMAN

Selengkapnya

RPP "SEGARE ANAQ"

  • Poster
  • Infografis
  • e-Dokumen
  • Perpustakaan
  • Miniatur 3 Dimensi
  • Audio Visual

PUSAT DATA / INFORMASI

- Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum

- Informasi Penyelenggara Pemilu

- Informasi Logistik Pemilu

- Penghitungan Suara

- Penggantian Antar Waktu

- Sisitem Informasi Pemilih

- Sistem Partai Politik

Evaluasi Pelaksanaan Kampanye

Humas

Pelaksanaan kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Timur secara umum sudah sesuai dengan harapan. Ini disampaikan oleh ketua KPU Lombok Timur, Muh. Saleh pada rapat evaluasi pelaksanaan kampanye yang berlangsung di ruang rapat Timur, Selasa malam (13/3/2018).
Rapat evaluasi pelaksanaan kampanye dihadiri oleh ketua KPU, anggota Komisioner, anggota Panwas Kab dan tim sukses dari keempat pasangan calon. Sebelumnya disampaikan bahwa pelaksaan kampanye sudah berjalan sesuai harapan namun ada beberapa hal yang menjadi bahan perhatian seperti masalah pemasangan APK yang tidak seragam, penertiban APK, mobile branding, masalah izin kampanye dan lainnya.


Pada kesempatan ini, tim Panwas yang diwakili oleh Sanham dari divisi Penindakan menyampaikan bahwa maksud dari pertemuan ini adalah untuk membentuk tim terpadu yang terdiri dari Panwas, Pol PP, Kepolisian KPU dan tim sukses yang nantinya akan melaksanakan rekomendasi dari Panwas jika ada masalah di lapangan yangg dianggap tidak sesuai dengan aturan.


Masing-masing tim sukses diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan tanggapan. Tanggapan pertama dari tim Sukma, "panwas kab tidak ada koordinasi yg baik dengan panwascam, sehingga dibawah sering terjadi masalah karena pemahaman yg berbeda padahal antar tim dan panwaskab sudah tidak ada masalah, dan tim sendiri sesungguhnya melaksanakan apa yang sudah menjadi kesepakatan,” ungkapnya. Selanjutnya yang dipertanyakan adalah tentang mengikat sepanduk di pohon, "Saya tidak memasang di pohon saya hanya mengikat talinya dan spanduk itu berada di antara pohon,  apakah ini tidak boleh,” katanya. “Sekali lagi saya tidak memaku dan memasang di pohon,” katanya mempertegas.


Selanjutnya tim Al Habib sepakat dengan tim Sukma dan dia menyampaikan dalam hal pelaksanaan kampanye selalu mengurus izin terlebih dahulu. Sedangkan wakil dari Fiddin mengajak untuk tetap saling menghargai dan mengacu pada aturan yang ada dan meminta agar panwas tidak ber apiliasi dengan calon lain  sehingga dalam bertindak tidak setengah setengah. “Mungkin karena ada baliho besar yg dipasang dan dibuka oleh panwas karena tidak sesuai aturan dan tidak tuntas (gambarnya terpotong) tapi menurut penjelasan panwas bahwa panwas tidak ada maksud untuk kerja setengah setengah tapi kami tidak berani naik karena di baliho tersebut diduga ada kabel yg melintang dan mengandung setrum” katanya. “Insya Allah nanti kalau pemilik rangka baliho sudah kita tahu, nanti kita surati,” katanya.


Tim sukses terakhir yang memberikan pendapat adalah tim Harum. Tim harum menyampaikan bahwa timnya yang paling sedikit memasang APK karena bertemu dengan masyarakat itu lebih penting. “Kami tim Harum justru merasa kesulitan mengatur jadwal karena banyaknya permintaan,” katanya. Menyangkut adanya masalah-masalah kecil yangg timbul dia mengajak tim yang lain untuk sama-sama menyelesaikannya dengan baik dan menyarankan untuk selalu kembali ke aturan jika ada masalah.


Ketua KPU Lombok Timur Muh. Saleh mengingatkan agar semua faktur pelaksanaan kegiatan supaya disampaikan ke KPU sebagai laporan dana kampanye masing-masing pasangan calon dan pelaksanaan rapat terbatas terdiri dari maksimal 100 orang, tatap muka 600 orang dan rapat umum tetap 1 (satu) kali.


Mengenai debat publik  akan dilaksanakan pada tanggal 18 April bertempat di Ballroom kantor bupati Lombok Timur dan dilaksanakan pada malam hari. Penayangan debat publik dapat disaksikan melalui channel Selaparang TV. PPK, PPS diinstruksikan untuk menyaksikan bersama acara debat publik  dan KPU bekerjasama dengan Hubkominfo untuk melakukan sosialisasi menggunakan mobil keliling.


Rapat menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu agar kampanye tetap berpedoman pada etika, estetika dan tidak mengganggu ketertiban umum, mobile branding disetujui menjadi bagian dari spanduk yg dibuat oleh masing-masing pasangan calon dan diberikan waktu satu minggu pada tim untuk membuka APK yang dipasang tidak sesuai tempat. Semua biaya yang dikeluarkan untuk pelaksanaan kampanye agar dilaporkan ke KPU kabupaten. Pemasangan APK di desa hendaknya mengacu pada perdes bagi desa yang sudah punya perdes.


Sebelum rapat di tutup kepala divisi SDM dan PARMAS menyampaikan pepatah lama yg berbunyi "Bulatnya beras karena pembuluh, bulatnya suara karena mupakat,” katanya. Lebih jauh diingatkanya agar tim tingkat kabupaten tetap saling menjaga dan mengingatkan, berkomunikasi dengan baik agar menciptakan kampanye yang damai. (Humas KPU)

KPU Lombok Timur

Alamat: Jl MT Haryono No7 Selong, 83612

Telp: (0376)

Fax: (0376)

@2018 KPU Lotim. Hak cipta dilindungi undang-undang