Media Sosial

H A R I

Menuju PEMILU

2019

AGENDA KPU

10 Agustus 2018

Menerima Kunjungan KPU Jeneponto

PENGUMUMAN

Selengkapnya

RPP "SEGARE ANAQ"

  • Poster
  • Infografis
  • e-Dokumen
  • Perpustakaan
  • Miniatur 3 Dimensi
  • Audio Visual

PUSAT DATA / INFORMASI

- Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum

- Informasi Penyelenggara Pemilu

- Informasi Logistik Pemilu

- Penghitungan Suara

- Penggantian Antar Waktu

- Sisitem Informasi Pemilih

- Sistem Partai Politik

Asistensi Sistem Laporan Pemutakhiran Data Pemilih di 9 Kecamatan Tuntas

Humas

Tim Data KPU Lombok Timur, sejak Senin hingga hari ini, Kamis 1 Maret telah menyelesaikan asistensi (pendampingan dan bimbingan-red) di 9 Kecamatan se-Lombok Timur.  Asistensi yang dilakukan ini untuk membantu anggota PPS menyusun laporan data pemilih hasil pencocokan dan penelitian oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di wilayah masing-masing.  9 kecamatan itu adalah Keruak, Sakra Barat, Sakra Timur, Sembalun, Sukamulia, Aikmel, Pringgabaya, Suela dan Kecamatan Selong.

Tim data yang dikoordinir langsung oleh Kasubag Umum, Hadi Firmansyah SIP, berjumlah 6 orang yang masing-masing bertugas membimbing anggota PPS secara langsung. Menurut Hadi Firmansyah, KPU Lombok awalnya menargetkan asistensi 2 kecamatan per hari.  Akan tetapi setelah menemukan beberapa fakta di lapangan, akan ditambah hingga jumlah yang tidak ditentukan.

"Kami menambah jadwal perhari hingga 3 atau 4 kecamatan karena ternyata banyak sekali kendala teknis di lapangan, sementara jadwal pleno makin dekat," ungkapnya.  Oleh karena itu, lanjut Hadi, proses asistensi dilakukan hingga malam hari.  "Kami siap 24 jam membantu kalau PPK dan PPS siap menerima kami," katanya.

Agus Budiman, salah seorang anggota tim data, menyebutkan beberapa permasalahan di lapangan seperti  kekeliruan PPS dalam meletakkan calon pemilih dalam form-form yang telah disediakan.  "Kekeliruan yang barangkali dianggap sepele ini tentu harus kita selesaikan semuanya sehingga data yang akan kami masukkan ke dalam Sidalih (sistem data pemilih-red) memang benar-benar valid dan lengkap," ujar Budiman.

"ini yang membuat kami dari tim data harus bekerja hingga malam hari.  Misalnya tadi malam (Rabu 28 Februari-red) kami baru selesai di Kecamatan Sakra Timur hingga dinihari," ungkapnya.

Keseluruhan hasil pemutakhiran data ini nantinya akan disatukan di KPU Kabupaten untuk kemudian dimasukkan ke dalam sistem data pemilih secara online pada sistem yang telah disediakan KPU RI. (Humas KPU Lotim)

KPU Lombok Timur

Alamat: Jl MT Haryono No7 Selong, 83612

Telp: (0376)

Fax: (0376)

@2018 KPU Lotim. Hak cipta dilindungi undang-undang