Media Sosial

H A R I

Menuju PEMILU

2019

AGENDA KPU

10 Agustus 2018

Menerima Kunjungan KPU Jeneponto

PENGUMUMAN

Selengkapnya

RPP "SEGARE ANAQ"

  • Poster
  • Infografis
  • e-Dokumen
  • Perpustakaan
  • Miniatur 3 Dimensi
  • Audio Visual

PUSAT DATA / INFORMASI

- Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum

- Informasi Penyelenggara Pemilu

- Informasi Logistik Pemilu

- Penghitungan Suara

- Penggantian Antar Waktu

- Sisitem Informasi Pemilih

- Sistem Partai Politik

UJI PUBLIK PENATAAN DAPIL KPU LOMBOK TIMUR

Humas

Sebagai tindak lanjut dari beberapa kegiatan yang telah dilakukan KPU Lombok Timur, Minggu 11 Februari, KPU menggelar uji publik Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) di Lenek Aikmel.  Uji publik yang dihadiri oleh unsur Parpol, Akademisi, organisasi kemasyarakatan dan Panwas ini dibuka oleh Ketua KPU Lombok Timur, Muh Saleh.

 

Menurut Muh Saleh, posisi KPU Kabupaten dalam proses pembentukan dapil bukan sebagai pengambil kesimpulan akan tetapi lebih kepada menghimpun pendapat dari masyarakat yang kemudian akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi.  “Jadi keseluruhan masukan ini akan dikaji dan dianilisa oleh Kabupaten dan Provinsi untuk kemudian disampaikan ke KPU Pusat di Jakarta,” katanya.

 

Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan sebelumnya, dalam kesempatan itu KPU Lombok Timur menyampaikan dua opsi dengan beberapa keunggulan dan kelemahannya terutama dalam memenuhi unsur keadilan masyarakat yang kemudian dianalisa oleh peserta yang hadir.  Khusus untuk peserta dari parpol, sebagian besar menginginkan pembagian Dapil tetap seperti sebelumnya yakni 5 Dapil, sementara yang lainnya mengharap 5 Dapil dengan catatan-catatan.

 

Sementara itu pihak akademisi lebih memilih untuk mengedapankan asas manfaat bagi masyarakat sehingga apapun opsi yang akan diputuskan nanti selama tetap berpihak kepada kepentingan pemerataan dan keadilan bagi masyarakat akan tetap didukung. (Humas KPU Lotim)

KPU Lombok Timur

Alamat: Jl MT Haryono No7 Selong, 83612

Telp: (0376)

Fax: (0376)

@2018 KPU Lotim. Hak cipta dilindungi undang-undang