Media Sosial

H A R I

Menuju PEMILU

2019

AGENDA KPU

10 Agustus 2018

Menerima Kunjungan KPU Jeneponto

PENGUMUMAN

Selengkapnya

RPP "SEGARE ANAQ"

  • Poster
  • Infografis
  • e-Dokumen
  • Perpustakaan
  • Miniatur 3 Dimensi
  • Audio Visual

PUSAT DATA / INFORMASI

- Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum

- Informasi Penyelenggara Pemilu

- Informasi Logistik Pemilu

- Penghitungan Suara

- Penggantian Antar Waktu

- Sisitem Informasi Pemilih

- Sistem Partai Politik

4 Pasangan Bakal Calon Bupati Lombok Timur Periksa Kesehatan

Humas

Sebanyak 4 bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur telah selesai melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Propinsi dari tanggal 9 hingga 13 Januari.  Keempat bakal calon itu masing-masing pasangan Sukma (Sukiman Azmy-Rumaksi), Fiddin (Syamsul Luthfi-Najamudin Moestafa), Al Habib (Ali Masadi-Putrawan Habibi) dan Harum (Haerul Warisin-Machsun Ridwainny). 

Menurut Ketua KPU Lombok Timur Muh Saleh, keempat bakal pasangan calon ini memperoleh jadwal pemeriksaan kesehatan berdasarkan urutan waktu pendaftaran.  Jadwal pemeriksaan sesuai dengan urutan waktu pendaftaran.  Sebagai pasangan yang mendaftar pertama, Sukma memperoleh jadwal terlebih dahulu, disusul psangan Fiddin, Al-Habib dan terakhir pasangan Harum, katanya.

Lebih lanjut Muh Saleh mengatakan bahwa berdasarkan amanat undang-undang, semua calon harus melalui proses penilaian Pemeriksaan Kesehatan yang bertujuan untuk menilai status kesehatan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati serta mengidentifikasi kemungkinan adanya disabilitas medik yang dapat menggangu kemampuan menjalankan tugas dan kewajibannya. 

“Penilain tersebut dilakukan oleh Tim Pemeriksa Kesehatan Independen yang dibentuk oleh Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI), katanya.  Status Kesehatan yang dibutuhkan oleh Calon Kepala Daerah tidak harus bebas dari penyakit, inpairment ataupun kecacatan, melainkan setidaknya mereka harus dapat melakukan kegiatan fisik sehari-hari secara mandiri tanpa hambatan bermakna serta tidak memiliki penyakit yang diperkirakan akan mengakibatkan kehilangan kemampuan fisik dalam 5 tahun ke depan. 
Calon Kepala Daerah juga disyaratkan harus memiliki kesehehatan jiwa sehingga yang bersangkutan mampu melakukan observasi, menganalisis, membuat keputusan dan mengkomunikasikanya. 

Penilaian status kesehatan dilaksanakan melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan protokol yang sesuai dengan standar profesi kedokteran, meliputi pemeriksaan-pemeriksaan yang kemudian diakhiri dengan rapat pleno Tim Penilaian Kesehatan setelah rangkaian hasil pemeriksaan selesai.  Standar pemeriksaan kesehatan Calon Kepala Daerah terdiri dari Pemeriksaan Kesehatan Medik-Fisik-Psikiatri, Kesehatan Psikologi, serta Bebas Penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika, lanjutnya.

Semua proses pemeriksaan kesehatan ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Provinsi di Mataram.  Selanjutnya, hasil tes ini akan digabungkan bersama kelengkapan dokumen lainnya seperti KTP, ijazah, surat pernyataan,laporan harta kekayaan serta keabsahan dokumen dukungan parpol untuk calon yang diusung partai dan keengkapan dukungan ktp bagi calon perseorangan. (HUMAS)

KPU Lombok Timur

Alamat: Jl MT Haryono No7 Selong, 83612

Telp: (0376)

Fax: (0376)

@2018 KPU Lotim. Hak cipta dilindungi undang-undang