• Hasil Pemilu

  • Agenda KPU

    • 6 September 2017, Sosialisasi Pemilih Pemula
    • 7 September 2017, FGD Periode II
    • 9 September 2017,
  • Publikasi

    INFOGRAFIS

    POSTER

    BULLETIN

JDIH

JARINGAN DOKUMENTASI & INFORMASI HUKUM

INFORMASI PENYELENGGARA PEMILU

INFORMASI LOGISTIK PEMILU

PENGHITUNGAN SUARA

PENGGANTIAN ANTAR WAKTU

SISTEM INFORMASI PEMILIH

SIPOL

RPP LOMBOK TIMUR

Submitting Form...

The server encountered an error.

komentar@kpu-lomboktimurkab.go.id

4 Pasangan Bakal Calon Bupati Lombok Timur Periksa Kesehatan

Berita | 14 Januari 2018 | Humas


Sebanyak 4 bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur telah selesai melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Propinsi dari tanggal 9 hingga 13 Januari.  Keempat bakal calon itu masing-masing pasangan Sukma (Sukiman Azmy-Rumaksi), Fiddin (Syamsul Luthfi-Najamudin Moestafa), Al Habib (Ali Masadi-Putrawan Habibi) dan Harum (Haerul Warisin-Machsun Ridwainny). 

Menurut Ketua KPU Lombok Timur Muh Saleh, keempat bakal pasangan calon ini memperoleh jadwal pemeriksaan kesehatan berdasarkan urutan waktu pendaftaran.  “Jadwal pemeriksaan sesuai dengan urutan waktu pendaftaran.  Sebagai pasangan yang mendaftar pertama, Sukma memperoleh jadwal terlebih dahulu, disusul psangan Fiddin, Al-Habib dan terakhir pasangan Harum,” katanya.

Lebih lanjut Muh Saleh mengatakan bahwa berdasarkan amanat undang-undang, semua calon harus melalui proses penilaian Pemeriksaan Kesehatan yang bertujuan untuk menilai status kesehatan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati serta mengidentifikasi kemungkinan adanya disabilitas medik yang dapat menggangu kemampuan menjalankan tugas dan kewajibannya. 

“Penilain tersebut dilakukan oleh Tim Pemeriksa Kesehatan Independen yang dibentuk oleh Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI),” katanya.  Status Kesehatan yang dibutuhkan oleh Calon Kepala Daerah tidak harus bebas dari penyakit, inpairment ataupun kecacatan, melainkan setidaknya mereka harus dapat melakukan kegiatan fisik sehari-hari secara mandiri tanpa hambatan bermakna serta tidak memiliki penyakit yang diperkirakan akan mengakibatkan kehilangan kemampuan fisik dalam 5 tahun ke depan. 
Calon Kepala Daerah juga disyaratkan harus memiliki kesehehatan jiwa sehingga yang bersangkutan mampu melakukan observasi, menganalisis, membuat keputusan dan mengkomunikasikanya. 

Penilaian status kesehatan dilaksanakan melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan protokol yang sesuai dengan standar profesi kedokteran, meliputi pemeriksaan-pemeriksaan yang kemudian diakhiri dengan rapat pleno Tim Penilaian Kesehatan setelah rangkaian hasil pemeriksaan selesai.  “Standar pemeriksaan kesehatan Calon Kepala Daerah terdiri dari Pemeriksaan Kesehatan Medik-Fisik-Psikiatri, Kesehatan Psikologi, serta Bebas Penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika,” lanjutnya.

Semua proses pemeriksaan kesehatan ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Provinsi di Mataram.  Selanjutnya, hasil tes ini akan digabungkan bersama kelengkapan dokumen lainnya seperti KTP, ijazah, surat pernyataan,laporan harta kekayaan serta keabsahan dokumen dukungan parpol untuk calon yang diusung partai dan keengkapan dukungan ktp bagi calon perseorangan. (HUMAS)
 

( Humas )

BACA YANG LAIN

ARTIKEL

PENGUMUMAN REKRUTMEN

ANGGOTA PPK & PPK KPU

1. Pengumuman Pendaftaran

Tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 (PPK).

Tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017 (PPS)

 

2. Penerimaan Pendaftaran

Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK).

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

3. Penelitian Administrasi

 Tanggal 12 hingga 14 Oktober (PPK)

Tanggal 26 Hingga 28 Oktober 2017 (PPS)

 

4. Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi

Tanggal 15 hingga 16 Oktober (PPK)

Tanggal 1-2 Nopember 2017 (PPS)

 

5. Tes Tertulis

Tanggal 17 Oktober (PPK)

Tanggal 1  Nopember (PPS)

 

6. Pengumumamn Tes Tertulis

18-19 Oktober (PPK).

5  Nopember (PPS)

 

7. Tes Wanancara

23-25 Oktober (PPK).

5 hingga 9 Nopember (PPS)

 

8. Pengumumamn Tes Wanancara

26-28 Oktober (PPK)

11 Nopember (PPS).

PESONA LOMBOK TIMUR

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jl MT Haryono 07 Selong, Tlp 0376 21600-21900

Fax 0376 23036, email: sek.kpukotim@gmail.com

Humas KPU Kab. Lotim
teknispud@gmail.com
. teknispud@gmail.com